Senin, 12 November 2012

Pesona Lain Danau Toba

Berbicara tentang Sumatera Utara, orang-orang selalu menyempitkan maknanya menjadi hanya daerah Medan saja. Begitu juga dengan Danau Toba, Parapat menjadi tempat yang satu-satunya untuk melihat Danau Toba. Actually, there’s a place that we can see toba lake with better view from Silalahi. Pernah dengar desa Silalahi? Desa Silalahi terletak di Kabupaten Dairi, tidak jauh dari Kabanjahe. Desa ini terbagi menjadi tiga bagian, dari arah Desa Tongging, Anda melewati Desa Silalahi I, III, dan II secara berurutan. Desa Silalahi ini merupakan tempat asal dari Raja Silahi Sabungan. Kalau kesana, Anda dapat mengunjungi makam dari Raja tersebut di Desa Silalahi I. Sekilas dari jauh, tempatnya terlihat seperti Monasnya Jakarta ataupun Monumen Mandalanya Makassar. Tetapi, jika dilihat dari dekat, ini merupakan sebuah makam. Tak jarang orang datang untuk menziarahi makam ini sebagai makam wisata imani kristen. Di makam Raja tertulis bahwa Raja mempunyai sembilan keturunan dan anak cucunya berkembang sampai sekarang. Dan dari sinilah juga marga/boru Silalahi ini berasal. 

Makam Raja Silahi Sabungan
                                                   
Selain makam, terdapat makam keturunannya dan Rumah Bolon yang ditempati oleh Raja Silahi Sabungan. Setelah mengunjungi makam, saya berjalan ke arah ujung Desa Silalahi untuk mendapatkan becak ke Pantai Mutiara. Pantai Mutiara sebenarnya nama salah satu resort dari banyak tempat singgah yang ada di ujung Desa Silalahi ini. Banyak tempat makan dan dermaga yang berjajar diujung Desa Silalahi itulah tempatnya. Pemandangan Danau Toba terasa lebih asli disini. Jika Anda duduk di dermaga menyaksikan Danau Toba yang terhampar luas tak terhingga dengan latar kanan dan kiri gunung-gunung hijau dan rumah-rumah warga, merasakan kencangnya angin danau, Anda akan lupa waktu. Pemandangan inilah yang menjadikannya berbeda dengan pemandangan Danau Toba dari Parapat. Apalagi kalau bukan hari libur, serasa daerah ini menjadi milik Anda saja. Saking sepinya, saya berani berbaring-baring di dermaga sambil melihat beberapa warga dari Sidikalang yang memancing ikan di tonggak dermaga.

Pemandangan Danau Toba dari latar Desa Silalahi
  
Setelah puas melihat pemandangan, saya mulai berjalan ke arah kampung untuk bertanya dimana tempat Rumah Makan Muslim berada. Saya mendapatkan satu tempat, namanya RM Muslim Agus. Jadi bagi Anda yang muslim, jangan khawatir! Karena warga disana akan berbaik hati memberitahukan Anda dimana RM Muslim berada. Memang agak susah mencari RM Muslim karena di Desa Silalahi cuma terdapat 16 KK(Kepala Keluarga) yang beragama Muslim dari ribuan KK. Jadi siapa yang mau melihat Danau Toba dari tempat yang lebih indah? Desa Silalahi tempatnya!

Tempat Wisata yang lain? 
Dalam perjalanan pulang ke arah Medan, Anda dapat singgah menikmati Air Terjun Sipiso-Piso dan singgah ke beberapa tempat wisata lain yang ada di Berastagi. 
Air Terjun Sipiso-Piso
Desa Tongging yang tampak dari Air Terjun Sipiso-Piso
How to get there/Where do I live? 
Dari Arah Medan, Anda harus menuju ke Kabanjahe. Dari Kabanjahe, terdapat motor (bahasa lainnya angkot di Medan) Sukasari atau Suka Mulia untuk mencapai Desa Tongging/Silalahi. Anda cukup bayar Rp 5.000. Sedangkan dari arah Siantar, Anda harus naik motor Sinar Sepadan menuju Situnggaling dengan membayar Rp 16.000. Dari situ Anda naik motor Suka Sari atau Suka Mulia. Kalau untuk stay, Anda sebaiknya menginap di Desa Tongging yang berada sebelum Desa Silalahi karena ada penginapan murah dan nyaman yang saya bisa rekomendasikan. Guest House Sibayak bisa menjadi pilihan Anda untuk menginap (Hot Water-Rp 150.000, Non-Hot-Water Rp. 75.000/malam). Dan baru keesokan harinya Anda baru menjelajahi Desa Silalahi. Agak susah menjelajahi Desa Silalahi, karena Motor Sukasari dan Suka mulia hanya ada pada jam-jam tertentu (jam 8 pagi dan jam 1 siang). Ada juga motor yang ke arah Kabanjahe  pada jam 10 pagi. Jadi siap-siap nunggu atau coba-coba hitchicking ya!

1 komentar:

  1. Untuk mendapatkan diskon, promo & deal kuliner, makanan, travel, spa lebih dari promo kartu kredit di kota medan silahkan kunjungi www.dealmedan.com

    BalasHapus